Haji Furoda adalah Solusi Berhaji Tanpa Antri

Antrian haji di Indonesia setiap tahun semakin panjang. Untuk haji reguler yang di bawah pengelolaan KBIH dan Kementerian Agama RI, rata-rata antrian sudah di atas 15 tahun, bahkan di beberapa daerah sudah di atas 25 tahun. Sedangkan untuk jemaah haji khusus, atau yang dahulu dikenal dengan haji plus, kini harus bersabar untuk mengantri sekitar 5-6 tahun.

Melihat fenomena tersebut, akhirnya banyak travel yang mencoba menjalin kerjasama dengan beberapa relasi atau pihak berwenang di Kerajaan Saudi Arabia yang memungkinkan bisa menyediakan visa haji yang dikenal dengan visa haji furoda.

Visa haji furoda merupakan visa haji resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Haji Kerajaan Saudi Arabia, jadi beda sekali dengan visa ziarah, visa umal, atau visa bisnis. Karena ketiga visa yang disebut terakhir memang bukan diperuntukkan untuk berhaji, sehingga setiap tahun selalu saja ada masalah yang timbul jika menggunakannya, misalnya, jemaah akan kesulitan saat akan memasuki kota Makkah, sehingga harus sembunyi-sembunyi untuk memasukkinya, tidak bisa berangkat dengan membawa perlengkapan haji, bahkan jika ketahuan bisa langsung dideportasi. Jadi bisa dikatakan, bahwa visa ziarah, visa umal, visa bisnis adalah visa ilegal yang tidak diperbolehkan untuk berhaji karena melanggar aturan resmi yang ada. Jadi, jemaah diharapkan tidak menggunakan ketiga visa tersebut jika ingin berhaji dan menolak jika ada pihak-pihak yang menawarkan, walaupun dengan segala argumen kemudahan yang dimilikinya.

Pengeluaran visa  furoda memang tidak dibawah koordinasi kementerian haji Indonesia, karena bukan bagian dari kuota visa haji resmi yang diberikan Kerajaan Saudi Arabia kepada masing-masing negara di dunia. Dengan visa haji furoda, maka memungkinkan jemaah berangkat di tahun ia mendaftar, jadi bisa dikatakan merupakan fasilitas untuk berhaji tanpa antrian. Untuk itu, tentu saja jemaah harus mengeluarkan biaya yang ekstra besar dibandingkan fasilitas haji khusus apalagi haji reguler.

Ada pun harga paket haji furoda di masing-masing travel  berbeda, tergantung fasilitas dan juga kebijakan travel. Namun harga yang umum adalah antara $15.500 s.d. $25.000. Namun, para jemaah juga harus jeli dan tidak asal percaya kepada pihak-pihak yang menawarkan visa ini, karena untuk mendapatkannya juga tidak mudah. Jadi, carilah tavel yang sudah Anda percaya dan terbukti track-record nya. Namun, jemaah juga harus faham, bahwa visa ini tergantung kebijakan Kerajaan Saudi Arabia, yang mana kebijakan pengeluaran, pembatasan, dan pembatalannya juga tergantung sepenuhnya kepada mereka. Jadi berhaji dengan visa furoda tetap tidak bisa terjamin kepastian seratus persen untuk berangkat.

Jadi bagi Anda yang menginginkan berhaji tanpa antrian, visa furoda bisa jadi pilihan, namun tetap ada peluang gagal. Berhaji adalah panggilan Allah Ta’ala, tugas travel dan jemaah hanyalah berusaha dan berdoa maksimal untuk bisa menjalaninya.

WhatsApp chat